rencana kegiatan harian tema kucing
SATUAN KEGIATAN HARIAN
Kelompok : B
Semester/
minggu : I/ II
Tema : Binatang
Sub
tema : Binatang Mamalia
(KUCING)
Hari
/ Tang-gal
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alat
/ Sumber
Belajar
|
Penilaian
Perkemba-ngan Anak
|
I.
Kegiatan awal 30 menit
·
Salam
·
Absensi
·
Berdoa
·
Nyanyi
·
Menceritakan
pengalaman
·
Guru
memulai menjelaskan area:
·
Bercerita
tema binatang Mamalia dengan sub tema Kucing
·
Makanan
Kucing
·
Tempat
hidup Kucing
·
Ukuran
Kucing
·
Berkembang
biak Kucing
·
Warna
Kucing
·
Bagian
Kucing
|
Media: lembar kerja siswa, gambar,
model binatang, audio-visual, VCD binatang, notebook, permainan.
|
Perk.Moral
|
||
1.mengenal-kan huruf
|
II.
Kegiatan inti 60 menit
Area Bahasa
Menebalkan
kata/ mengenalkan huruf Kucing
|
Lembar kerja yang sudah disiapkan
|
Perk. Bahasa
1.perk. bahasa anak,
2.menambah kosa kata,
3.keterampilan menulis
4.keterampilan membaca
|
|
1.mengenal-kan angka
|
Area
Mtk/ Berhitung
Menghitung jumlah kucing,
menambah,mengurangi menggunakan gambar kucing
|
Guru menyedia-kan lembaran kerja anak
|
Perk. Kognitif konsep jumlah
|
|
1.mengenal hewan peliharaan yang
beranak
|
Area
Ipa
Mengelompokkan hewan yang beranak:
Mengelompokkan makanan kucing, lingkungan kucing
|
Lembaran/ gambar kucing, makanan kucing;
|
Perk. Kognitif
Perk. Sosial
|
|
1.menggambar bebas
2. mewarnai
|
Area
Seni
Menggambar atau mewarnai kucing
|
Buku gambar, krayon
|
Perk. Motorik halus, kasar, kognitif,
sosial
|
|
1.menyusun
2.mencipta
|
Area
Balok
Membuat kandang kucing, tempat tinggal
kucing
|
Balok-balok
|
Perk. Kognitif ,motorik, sosial.
|
|
III.
Istirahat dan makan 30 menit
·
Mencuci
tangan sebelum dan sesudah makan
·
Berdoa
IV.
Penutup
·
Review
kegiatan I,II dan III
·
Diskusi
kegiatan hari ini
·
Memberi
pujian pada hasil kerja
·
Bernyanyi
(nyanyi bersama tentang binatang)
·
Beres-beres
·
Berdoa/
pulang
|
Sarana yang disediakan guru
Dipimpin guru bergilir
Pengawa-san guru
|
AREA
Tema
|
Warna kucing
1.putih
2.
coklat
3.hitam
4.
abu-abu
4.belang
|
|
Berkembang biak kucing
Melahirkan
|
|
Tema:
Binatang
Sub
Tema: Binatang mamalia
(kucing)
|
|
Makanan
1.
Daun-daunan
2.
Sayuran
3.
Rumput
|
|
Bagian kucing
Bulu
Mata
Hidung
Mulut
Telinga
Gigi
Ekor
|
|
Tempat
hidup kucing
Hutan
rumah
Kandang
|
|
Ukuran kucing
Kecil
Sedang
Besar
|
KELOMPOK
SATUAN
KEGIATAN HARIAN
Kelompok : B
Semester/ minggu : I/ II
Tema : Binatang
Subtema :Binatang Peliharaan (Kucing)
Hari/
Tang-gal
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alat / Sumber
Belajar
|
Penilaian Perk.
Anak
|
I.
Kegiatan awal 30
menit
·
Salam
·
Absensi
·
Berdoa
·
Nyanyi
·
Menceritakan pengalaman
·
Bercerita tema binatang
mamalia subtema kucing
·
Makanan kucing
·
Warna kucing
·
Berkembang biak kucing
·
Bagian kucing
·
Tempat hidup kucing
·
Ukuran kucing
|
Media:
lembar kerja siswa, gambar, model binatang, audio-visual, VCD binatang,
notebook, permainan.
|
Perk.
Moral
|
||
Menam-bah
kosa kata, mengenal angka, menggam-bar dan mewarnai
|
II.
Kegiatan
inti 60 menit
·
Mendengar
dan menceritakan kembali cerita kucing
·
Menghitung
kucing di kandang
·
Menggambar
dan mewarnai kucing
|
buku
cerita, gambar, krayon
|
Perk.
Bahasa, kognitif, motorik halus
|
|
Meng-ikuti
aturan
|
III.
Istirahat
dan makan siang 30 menit
·
Mencuci
tangan sebelum dan sesudah makan
·
Berdoa
IV.
Penutup
·
Nyanyi
·
Diskusi
tentang kegiatan hari ini
·
Doa,
pulang dan salam
|
Sarana
dan prasarana yang sudah disediakan
|
SENTRA
SATUAN KEGIATAN HARIAN
Kelompok : B
Semester/
minggu : I/ II
Tema
: Binatang
Sub
tema : Binatang Mamalia ( Kucing)
Hari
/
Tang-gal
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alat/
Sumber
Belajar
|
Penilaian
Perk. Anak
|
Berdoa sebelum kegiatan
|
I.
Kegiatan awal 10
menit
·
Salam
·
Absensi
·
Berdoa
II.
Pembukaan 20 menit
·
Bercerita tentang
Kucing
·
Bernyanyi
|
Buku cerita
|
Perk. NAM
Perk. Bahasa, kognitif, sosial
emosional
|
|
Menceritakann kembali cerita kucing,
menebalkan huruf, mampu menghitung jumlah kucing, bermain peran sesuai
karakter masing-masing
|
III.
Transisi 5 menit
IV.
Kegiatan inti 90
menit
·
Menceritakan kembali
cerita kucing
·
Menebalkan huruf kucing
·
Mengumpulkan puzzle
huruf kucing
·
Menghitung kucing
·
Menghubungkan gambar
kucing dengan tempat hidupnya
·
Mengelompokkan kucing
sesuai dengan jenis kelaminnya
·
Bermain peran antara
penggembala dengan kucing
|
Lembar kerja siswa, puzzle, gambar
|
Perk. Bahasa, kognitif, fisik motorik,
seks, sosial emosional
|
|
Tertib dan mengikuti aturan
|
V.
Istirahat / makan 30
menit
·
Mencuci tangan
sebelum dan sesudah makan
·
Berdoa
·
Bermain
VI.
Kegiatan akhir 30
menit
·
Menyanyi lagu tentang
kucing
·
Diskusi tentang
kegiatan hari ini
·
Doa, salam dan pulang
|
Sarana yang di sediakan
|
Komentar
Posting Komentar